fbpx

Inspirasi Dekor Lamaran Rustic, Terkesan Kuno Namun Tetap Modern

Dekor lamaran rustic saat ini menjadi tren baru yang sering digunakan. Menurut pengertiannya tema ini diambil dari konsep alam, kuno, tidak formal dan pedesaan. Walaupun terlihat sederhana. Namun, bila dikemas dengan benar, tampak mewah dan elegan. Bisa jadi pusat perhatian banyak tamu yang datang.

Ciri khas utama dari konsep ini adalah penggunaan warnanya. Tidak terlalu terang, cenderung klasik masa lalu dan pucat, tidak mencolok, tetapi menarik bila berada di depan kamera. Contoh warnanya adalah putih, abu-abu, coklat. Bisa dipadukan dengan warna kontras yang dapat mencerminkan kesan lembut dan romantis.

dekor lamaran jogja

Tema rustic ini paling tepat digunakan saat malam hari. Tata cahaya yang cenderung gelap, tampak cocok dipadukan dengan lampu berwarna kuning. Sedikit temaram memang, tetapi inilah efek romantis dari sebuah acara lamaran. Biasanya, tamu akan larut kedalamnya dan merasakan kebahagiaan kedua mempelai.

Ciri Khas Dekor Lamaran Rustic yang Bisa Jadi Ide

Dalam sejarahnya, gaya ini sudah dikenal  sejak abad ke 18 diAmerika Serikat. Hanya saja, konsepnya bukan untuk lamaran atau pernikahan. Melainkan, digunakan untuk desain rumah. Karena, tidak membutuhkan biaya banyak, tema ini sangat diminati. Apalagi, kesan teduh dan dingin saat pulang bekerja sangat terasa.

Kesan kuno memang sangat tercermin disini. Tetapi, dengan proses kreatif, kesan itu bisa diolah menjadi hal baru dan lebih modern. Gaya klasik ini kemudian, di adaptasi ke dalam acara lamaran dan pernikahan. Hasilnya pun sangat menarik, banyak tamu terpukau dengan dekorasi yang ada.

Gaya rustic memiliki beberapa ciri khas yang bisa Anda jadikan sebagai ide dekorasi nanti. Seperti, tanpa proses tahap akhir. Jadi, terlihat tidak selesai, tetapi jadi sebuah ornamen yang cukup menarik. Hal ini bisa dijadikan inspirasi untuk tempat pernikahan dengan dinding atau lantai yang belum selesai.

Menggunakan Unsur Alam

Ciri lain dari dekor lamaran rustic adalah penggunaan unsur alam seperti batu dan kayu. Tetapi, tidak sembarang jenis kayu. Warna yang digunakan biasanya sudah terlihat usang dan cenderung tidak terawat. Anda bisa memadukannya dengan pola warna bunga mencolok dan cenderung tua.

Bisa merah tua, atau biru tua, kemudian, Anda padukan dengan kain warna abu-abu di samping kanan dan kirinya, membentuk sebuah tirai yang dilipat. Lipatannya bisa menggunakan bunga atau hanya lilitan saja. Untuk kursi tamu juga demikian, hiasan menggunakan kain halus dan lembut.

Bagi yang menggunakan batuan. Anda bisa kreasikan batu alam dengan konsep pot bunga kecil-kecil. Lebih menarik lagi, dengan tetesan air sehingga terkesan seperti taman atau berada didanau. Rerumputan hijau bisa jadi ide lain. Kemudian, diatas batuan ada kursi tamu sederhana dengan hiasan kain putih.

Menggunakan Lampu Gantung

Ciri lain dari dekor lamaran rustic adalah penggunaan lampu gantung. Alasan inilah gaya rustic cocok digunakan untuk malam hari.  Lampu hias keci warna kuning digantung, atau Anda bisa menyediakan papan dengan lampu di samping kanan dan kirinya. Bisa dipadukan dengan bunga.

Hanya saja, penentuan bunganya tidak boleh sembarangan. Gunakan bunga liar seperti wild rose, pinus atau kreasi lain dengan warna sedikit tua. Anda juga bisa menggunakan kelopaknya sebagai tempat lampu yang digantung diatas. Tetapi, pakai warna muda seperti putih atau biru. Agar tidak terlihat gelap dan mistis.

Tips dan Trik Menggunakan Dekor Lamaran Rustic

Tidak hanya menggunakan bahan dasar alam dan lampu gantung saja. Anda juga bisa menghadirkan ide lain untuk konsep dekorasi agar lebih cantik. Seperti, pemakaian kain batik untuk hiasan. Bila tempat acara berada di dalam ruangan, hiasan kain batik atau tenun toraja bisa jadi pilihan.

Keduanya memiliki pola dan warna yang cocok dipadukan dengan gaya rustic. Tidak hanya memunculkan kesan klasik saja, penggunaan batik dan tenun juga menghasilkan kesan ramah tamah.  Perpaduan lain juga bisa Anda kreasikan dengan warna hijau pada tumbuhan. Seperti dedaunan yang menjalar.

Warna kayu yang terlihat kusam dan identik cokelat, akan pas bila ditambah dengan hijau dari daun. Sehingga, terkesan lebih alami, lebih sejuk dan dingin. Untuk penataan cahaya sendiri tidak terlalu sulit. Karena, keduanya cenderung menyerap cahaya, sehingga tidak terlalu terang atau kontras.

Jika, ingin konsep yang sedikit berbeda, tips dekor lamaran rustic bisa menggunakan rotan untuk dijadikan sebagai kursi tamu. Penggunaan rotan cocok untuk tema didalam maupun luar ruangan. Ditutup dengan kain tipis, dan ditambah dengan bantal kecil, sehingga terkesan seperti rumah sendiri.

Atau Anda bisa memainkan tekstur yang lebih beragam. Seperti linen, kanvas, atau juga wol dengan karakter lebih kuat. Pertimbangkan juga penggunaan barang bekas untuk penghias meja makan. Inspirasi dekor lamaran rustic bisa Anda jadikan ide untuk berbagai kebutuhan tidak hanya lamaran atau pernikahan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *