DEKORASI PERNIKAHAN JAWA JOGJA YANG LONGLAST DAN PENUH MAKNA? INI 10 POINNYA

harga dekorasi pernikahan rumah di jogja

DEKORASI PERNIKAHAN JAWA JOGJA – Halo brides, apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia menjalani hari yaa. Terlebih bagi kalian yang akan menyongsong hari indah bersama pasangan menuju gerbang pernikahan.

Duh, rasanya pasti campur aduk antara bahagia dan was-was nih. Bahagia karena kalian akan memasuki another chapter of life yang challenging bersama pasangan yang kalian idam-idamkan selama ini.

Was-was karena belum yakin dengan dekorasi, catering, make up sampai wedding venue kalian nanti. Bahkan saking banyaknya alasan untuk menjadi was-was, kami yakin kamu  sebagai brides to be pasti sampai bisa buat daftar panjang hal yang kalian was-waskan deh hehe.

Tapi bukan Akar Dekorasi namanya kalau tak hadir membawa solusi pernikahan impian kalian. Yes, here we are to help you make your wedding dreams come true.

By the way, tahukah kalian di era modern ini ternyata dekorasi bertema Jawa Jogja masih digandrungi banyak pasangan yang telah dan akan melangsungkan pernikahan.

Yang kemudian menjadi pertanyaan di benak kita adalah kenapa sih mereka ga pakai tema international wedding aja yang jauh lebih modern, longlast dan kekinian? Jawabannya sederhana brides.

Mayoritas karena latar belakang keluarga para pengantin adalah orang Jawa atau Jogja, atau bisa jadi karena saat ini pernikahan dengan tema Jawa Jogja bisa disulap menjadi modern nan longlast dan meaningfull.

Telah banyak vendor dan wedding consultant yang terampil dan bertangan dingin dalam melakukan sulap menyulap tema pernikahan Jawa Jogja nan modern, meaningful dan longlast ini.

Nah, sebagai wedding consultant yang cukup berpengalaman, Akar Dekorasi akan membagikan 10 poin agar dekorasi pernikahan gaya Jawa Jogja kalian longlast dan penuh makna.

Jadi bagi kalian para calon pengantin, adalah hal wajib untuk tetap stay tuned sampai bawah agar menambah values kalian mengenai tema pernikahan ala Jawa Jogja.  Sementara bagi sobat ambyar tetap tenang, semoga dalam waktu dekat bisa nyusul gaasss pelaminan whehe.

Barangkali informasi ini bisa dijadikan sebagai akumulasi pengetahuan dan persiapan. Siapa tahu minggu depan ketemu jodoh ya kann?? wkwk

Sudah penasaran brides?

Without any further let’s get started

Here it is : 10 Poin Agar Dekorasi Pernikahan Jawa Jogja Longlast dan Penuh Makna :

1. Wedding Gate

contoh-DEKORASI-PERNIKAHAN-JAWA-JOGJA

Wedding gate atau sering disebut wedding doors entrance merupakan hal pertama yang akan dilihat para tamu undangan ketika menghadiri pelaminan kalian brides.

Selain itu, apabila kita bedah maknanya, sejatinya wedding gate berarti sebagai suatu awal yang baru bagi para pengantin. Sebuah awal dalam menjalani mahligai rumah tangga, menyatukan dua pribadi dengan pelbagai perbedaan yang ada dalam ikatan abadi hingga maut memisahkan.

Pada zaman terdahulu, wedding gate dalam pernikahan bertema Jawa Jogja, biasanya akan memanfaatkan daun kelapa yang dianyam sehingga membentuk gapura.

Namun seiring berjalannya waktu, wedding gate pernikahan bertema Jawa Jogja bisa memanfaatkan hasil bumi, bunga ataupun tanaman-tanaman lain.

Hal ini murni diserahkan kepada para pengantin dan keluarga serta setelah melalui diskusi dengan wedding consultant. Seluruh inovasi tidak mengurangi unsur magis dan bermakna dalam pernikahan ala Jawa Jogja.

2 . Wedding Walkway

DEKORASI-PERNIKAHAN-JAWA-JOGJA-terbaru

Bridess, dalam istilah bahasa indonesia wedding walkway diartikan sebagai jalur pengarah. Jalur ini adalah jalur utama yang akan digunakan pengantin menuju panggung pelaminan.

Sepanjang wedding walkway, biasanya akan dihiasi dengan berbagai lampu dan bunga-bunga. Secara tidak langsung menyiratkan suatu perasaan suka cita, percikan kebahagiaan dan harapan.

Dalam pernikahan ala Jawa Jogja, perpaduan unsur tanaman, bunga dan lighting cukup menambah kesan bermakna.

3. Wedding Stage

Wedding stage atau yang kerap disebut sebagai panggung pelaminan juga cukup mempengaruhi atmosfer pernikahan Jawa Jogja kalian ya brides.  Panggung pelaminan ala Jawa Jogja biasanya memiliki beberapa opsi alas, diantaranya yaitu karpet dan melamine.

Umumnya, penggunaan warna karpet yang dipilih dalam pernikahan Jawa Jogja adalah merah. Namun, dalam praktiknya tak jarang juga pengantin memilih menggunakan warna lain agar senada dengan konsep pernikahan yang mereka impikan.

Tinggi rendahnya, luas sempitnya wedding stage juga mempengaruhi keleluasaan pengantin selama prosesi pernikahan berlangsung. Instrumen lain yang sangat krusial adalah pemilihan kursi pelaminan dan ornamen-ornamen penghias panggung lainnya.

4 Gebyog

Gebyog menjadi salah satu instrumen yang tidak kalah penting dalam membingkai pesta pernikahan kalian ya brides. Gebyok untuk pernikahan Jawa Jogja, pada zaman terdahulu biasa memanfaatkan gebyok maupun joglo sebagai latar belakang para pengantin.

Istilah gebyok pasti sudah tidak asing di telinga kamu ya brides? Exactly, gebyok adalah penyekat atau dinding kayu pada rumah adat Jawa yang mempunyai ornamen ukiran beragam.

Meskipun begitu, menurut Triatmo Doriyanto gebyok bukanlah karya ukir semata.

Gebyok merupakan hasil sebuah proses akumulasi perjalanan sejarah, pertemuan budaya, agama, dan kearifan lokal bangsa Indonesia.

Wah, maknanya dalam juga ya readers. Namun, seiring berjalannya waktu penggunaan gebyok dapat digantikan dengan wedding backdrop dengan jenis lain menyesuaikan budget dan tema yang ingin diusung para pengantin.

Alternatif lain yang umumnya kerap digunakan para pengantin adalah backdrop penuh dengan tanaman maupun bunga-bunga sebagai latar belakang. Hal ini juga memberikan makna longlasting.

5 Taman pelaminan

Brides, taman pelaminan juga menjadi poin yang tidak kalah pentingnya dengan wedding stage maupun wedding backdrop. Ibarat kata dalam sebuah rumah, taman pelaminan adalah pekarangannya.

Dalam pernikahan bertema Jawa Jogja, kamu bisa menentukan mau dijadikan seperti apa taman pelaminan kalian nanti. Bisa dipenuhi bunga-bunga atau bisa juga dipenuhi tanaman-tanaman kehijau-hijauan.

Esensi yang ingin ditampilkan dalam taman pelaminan ini adalah sebagai instrumen yang membantu menjadikan para pengantin sebagai center point dari keseluruhan pernak-pernik keindahan pelaminan kalian.

Jadi, perlu pertimbangan yang matang ya readers dalam menentukan komposisi warna antara taman pelaminan dengan wedding stage dan wedding backdrop. Untuk hal ini, cukup konsultasikan saja dengan Akar Dekorasi. ‘Cause We got a lot reference and ideas to share with you

6. Melati

Melati selain dijadikan sebagai ronce yang dikenakan oleh pengantin pria dan wanita, ia juga bisa digunakan sebagai instrumen penghias dalam dekorasi pernikahan bertema Jawa Jogja kalian lho readers.

Tahukah kalian mengapa melati juga memiliki makna tersendiri dalam pernikahan adat Jawa Jogja? Karena selain bermakna sebagai bunga nasional, melati juga bermakna suci. Hal ini selaras dengan do’a dan harapan pengantin agar hubungan pernikahan berlangsung didasari dengan hal-hal baik, sifat suci salah satunya.

7. Tenda

Pemilihan bentuk, warna dan desain tenda adalah hal yang wajib dilakukan secara matang. Tenda selain berfungsi sebagai atap yang melindungi para hadirin dan pengantin dari panas atau dinginnya cuaca di luar, ia juga memiliki fungsi lain yaitu fungsi estetika.

Hal ini mampu membantu dalam membentuk atmosfer pernikahan kalian ya readers. Untuk pelaminan yang longslast dan penuh makna, kalian bisa mendiskusikan hal ini dengan kami

8. Lampu

Lampu menjadi salah satu poin yang sangat membantu dalam memperindah pernikahan bertema Jawa Jogja kalian, agar semakin longlast dan penuh makna. Lampu juga mampu membantu kalian memberikan sebuah message kepada para tamu undangan tentang pernikahan kalian.

Message bahwa pernikahan kalian dipenuhi dengan lentera yang takkan padam, atau bisa juga message bahwa pernikahan kalian adalah suatu hal yang penuh suka cita, kemewahan dan kegermelapan.

Atau bisa juga message bahwa pernikahan kalian adalah suatu hal yang magis, khidmat dan sederhana. Pesan-pesan tersebut sangat bergantung dengan pemilihan jenis, jumlah, bentuk dan warna lampu.

Kesemuanya itu dapat kita tarik kesimpulan bahwa dari instrumen lampu, kita bisa menangkap pesan yang ingin ditampilkan oleh pengantin dan keluarga. Tergantung  makna dan sisi apa yang ingin kalian tampilkan kepada para tamu undangan di hari istimewa kalian nanti.

9. Gunakan Fresh Flower

A flower cannot blossom without sunshine, and i cannot live without your love

Duh duh, siapa nih yang pernah dapet pesen itu dari gebetan atau si calon? Wkwk. Saking penting dan longlastnya fresh flower, dalam berbagai literatur dan puisi fresh flower sering disebut-sebut.

Percaya deh, nothing beats the power of fresh flower. Bagaimana tidak, fresh flower ini memiliki suatu makna yang asli dan murni serta mampu memberikan harum yang semerbak.

Fresh flowers dengan berbagai ukuran, bentuk, jumlah dan warna memiliki meaning tersendiri. Jadi, pemilihan fresh flowers cukup relate dengan makna apa yang ingin disampaikan oleh pengantin dan keluarga kepada seluruh tamu undangan.

By the way brides setiap fresh flowers juga memiliki aroma dan energi tersendiri. Pemilihan fresh flowers menjadi bagian yang tidak kalah penting, maka dari itu kalian bisa mengkonsultasikannya dengan florist maupun wedding consultant yang kelak akan kalian pilih.

Anyway, untuk kalian yang prefer menggunakan artificial flower it doesn’t mean your wedding is lesser than kalian kalian yang menggunakan fresh flower ya readers. Karena umumnya fresh flowers juga cukup pricey dibanding artificial flower hehe.

10. Aksesoris pelengkap : Patung Loro Blonyo

Last but not least, patung loro blonyo adalah hal yang sangat umum berada di pernikahan bertema Jawa Jogja. Patung ini kerap diletakkan diatas wedding stage sebagai ornamen penghias pelaminan, atau juga diletakkan di spot-spot yang dengan mudah dilihat oleh para tamu undangan.

Tahukah kalian bridess bahwa patung loro blonyo terkenal sebagai pasangan Dewi Sri dan Sadhana, atau dikenal juga sebagai simbol dua lapik. Patung Sadhana melambangkan Rama dalam kisah wayang Ramayana, sementara patung Dewi Sri melambangkan Dewi Sinta.

Meskipun cukup umum dan familiar bagi para masyarakat asli Jogja dan Jawa, patung Loro Blonyo ini bisa memiliki berbagai warna bentuk dan gaya tergantung pesanan para pengantin. Satu hal yang pasti, makna dari patung Loro Blonyo adalah kesetiaan antara pengantin pria dengan pengantin wanitanya. 

Untuk harapan pernikahan yang bertahan lama dan bermakna, diperhelatan pelaminan nanti kalian jangan sampai melupakan ornamen yang satu ini ya readers.

Sekian 10 tips dekorasi pernikahan Jawa Jogja yang longlast dan penuh makna. Untuk mengakhiri insight kali ini, mari kita sadur pernyataan dari Dave Meurer

“A great marriage is not when the ‘perfect couple’ comes together. It is when an imperfect couple learns to enjoy their differences.”

Have a nice day and we wish you have a blissful marriage!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *